Buy files of companies and Support the companies. All content are provided by non-affilated third parties.

Saturday, 15 June 2013

Sejarah dan Kedudukan Pancasila

Assalamualaikum wr. wb. Kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman semua artikel tentang Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN ), artikel kali ini akan membahas mengenai Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka. 

Pancasila merupakan ideologi bangsa dan negara berarti Pancasila merupakan suatu hasil pemikiran, konsep, gagasan suatu teori atau ilmu yang diyakini kebenarannya, atau tersusun secara sistematis dan dicita-citakan yang digali dan diambil dari nilai-nilai luhur budaya indonesia. Pada akhirnya, pancasila dijadikan pedoman dalam menentukan tata pemerintahan indonesia. terutama konstitusi dasar tertulis, pancasila harus menjiwai berbagai konstitusi dan perundang-undangan nasional dalam hal penegakan supremasi hukum dan pelaksanaan tata pemerintahan.

1. Sejarah Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara
 Sebagai ideologi negara rumusan Pancasila tidak muncul begitu saja. rumusan tersebut mengkristalkan setelah melalui perjalanan sejarah yang panjang. pada tahun 1943 - 1944 tentara jepang mengalami kekalahan di semua medan pertempuran dengan sekutu. Jepang berusaha mengambil hati rakyat negara jajahannya, seperti indonesia, filipina dan brima dengan memberi janji kemerdekaan. Pada tanggal 7 september 1944 di depan parlemen tokyo, pemerintah jepang menjanjikan kemerdekaan kepada bangsa indonesia jika jepang memenangkan peperangan. janji itu di ulangi lagi pada tanggal 1 maret 1945 dengan tanpa syarat dan dijanjikan untuk membentuk suatu Badan Penyelidikan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( BPUPKI ). Badan ini ditugasi mempelajari hal-hal yang diperlukan untuk menyelenggarakan suatu negara merdeka.
a. Pembentukan dan susunan BPUPKI
 BPUPKI dibentuk pada tanggal 29 april 1945 dan dilantik tanggal 28 mei 1945. susunan BPUPKI ialah sebagai  berikut.
-) Ketua : Dr. Radjiman Widyodiningrat
-) Ketua Muda : Raden Pandji Suroso
-) Ketua Muda : Ichibangase Yoshio (Jepang)
-) Anggota : 60 orang dan ditambah 6 orang ketika sidang, sehingga menjadi 66 orang.
b. Sidang-sidang BPUPKI
 sidang 1 BPUPKI dilangsungkan pada tanggal 29 mei dampai dengan 1 juni 1945. sidang ini membahas asas dasar negara indonesia merdeka. ada tiga usulan mengenai dasar negara, yaitu usulan yang dikemukakan oleh Mr. Muhammad Yamin, MR. Soepomo dan Ir. Soekarno.
1) Usulan Mr. Muh. Yamin (29 mei 1945)

 Adapun lima dasar negara yang diusulkan Mr. Muh. Yamin secara lisan dan tertulis. Usulan yang dikemukakan secara lisan adalah sebagai berikut :

- Peri kebangsaan

- Peri kemanusiaan
- Peri ketuhanan
- Peri kerakyatan
- Kesejahteraan rakyat
2) Usulan yang dikemukakan secara tertulis adalah :
- Ketuhanan Yang Maha Esa
- Kebangsaan persatuan indonesia
- Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab
- Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
- Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
3) Usulan Mr. Soepomo (31 mei 1945)
 Mr. Soepomo juga mengusulkan lima dasar negara, yaitu sebagai berikut :
- Paham negara persatuan
- Perhubungan negara dan agama
- Sistem badan permusyawaratan
- Sosialisme negara
- Hubungan antar bangsa
4) Usulan Ir. Soekarno
 Usulan dasar yang dikemukakan Ir. Soekarno, sebagai berikut :
- Kebangsaan indonesia
- Internasionalisme atau perikemanusiaan
- Mufakat atau demokrasi
- Kesejahteraan sosial
- Ketuhanan yang berkebudayaan

Ir. Soekarno mengusulkan agar kelima dasar negara itu dinamakan Pancasila. pada sidang BPUPKI yang pertama ini terbentuklah Panitia kecil yang terdiri atas 9 orang yaitu Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, K.H Wachid Hasjim, Mr.A.A. Maramis, Abdul Kahar Moezakkar, Abikoesna Tjokrosoejoso, Agus Salim, Mr. Achmad Soebardjo, dan Mr. Muhammad Yamin. Selanjutnya karena anggotanya sembilan panitia kecil ini disebut juga panitia smbilan. pada tanggal 22 juni 1945 Panitia Kecil mengadakan rapat dengan tokoh-tokoh BPUPKI dan menghasilkan Piagam Jakarta (Jakarta Charter). di dalamnya terdapat rumusan dasar negara yang kelak akan menjadi dasar negara Republik Indonesia setelah mengalami perubahan tujuh kata dalam dasar yang pertama, yaitu :

-) Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya

-) Kemanusiaan yang adil dan beradab
-) Persatuan indonesia
-) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam permusyawaratan/perwakilan
-) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sidang II BPUPKI berlangsung pada tanggal 10 sampai 16 juli 1945. hasil yang terpenting dalam sidang BPUPKI II adalah diterimanya secara bulat Rancangan Undang-Undang Dasar yang dibuat oleh Panitia Perancang UUD yang diketahui oleh Ir. Soekarno. Setelah selesai melaksanakan tugasnya BPUPKI melaporkan hasilnya kepada pemerintah Jepang disertai usulan dibentuknya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Atas dasar usul itu, pada tanggal 7 agustus 1945 dibentuk PPKI beranggotakan 21 orang. Sebagai ketuanya ditunjuk Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil ketua.

2. Rumusan Pancasila yang sahih
 Setelah bangsa indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 agustus 1945. saai itu kita belum memilik alat-alat kelengkapan negara yang diperlukan sebagai suatu negara yang merdeka. Pada tanggal 18 agustus 1945 PPKI memberi rumusan Pancasila sebagai berikut :
-) Ketuhanan Yang Maha Esa
-) Kemanusiaan yang adil dan beradab
-) Persatuan Indonesia
-) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
-) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Rumusan inilah yang kemudian dijadikan dasar negara sampai sekarang bahkan hingga akhir perjalanan Bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia bertekad bahwa Pancasila sebagai dasar negara tidak dapat dirubah oleh siapapun, termasuk oleh MPR hasil pemilu. Jika merubah dasar negara Pancasila sama dengan membubarkan negara hasil proklamasi (Tap MPRS No. XX/MPRS/1966)

3. Fungsi Pokok Pancasila
 Fungsi pokok Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah sebagai dasar negara dan sebagai pandangan hidup bangsa. disamping itu juga berfungsi sebagai berikut :
-) Jiwa bangsa Indonesia
-) Sumber dari segala sumber hukum
-) Perjanjian luhur bangsa Indonesia
-) Cita-cita dari tujuan bangsa indonesia
-) Kepribadian bangsa Indonesia
-) Falsafah yang mempersatukan bangsa indonesia

4. Kedudukan Pancasila ( Pandangan Hidup )
   Pancasila merupakan sarana atau wadah yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia karena Pancasila dinilai sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Selain itu,  Pancasila berisi cita-cita moral yang mengandung nilai-nilai dan norma luhur yang sudah berakar dan membudaya dalam masyarakat Indonesia
-) Pancasila sebagai pandangan hidup 
Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa yang didalamnya terkandung konsepsi dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan, sehingga pandangan hidup itu haruslah dijunjung tinggi oleh masyarakat agar Pancasila mampu menjadi sebuah pedoman hidup bagi masyarakat Indonesia

-) Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia
  Pancasila sebagai dasar negara, secara formal mendasari semua usaha dan kegiatan bangsa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang diangkat oleh para perunding ketika mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila meruapakan suatu asas kerohanian yang meliputi suasana kebatinan atau cita-cita hukum, sehingga merupakan suatu sumber nilai, norma, serta kaidah baik moral maupun hukum dasar baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Sebagai sumber dari segala sumber hukum, Pancasila tercantum dalam ketentuan tertinggi, yaitu Pembukaan UUD 1945 yng dilanjutkan dalam pokok-pokok pikiran UUD 1945 yang meliputi suasana kebatinan dari UUD 1945 dan pada akhirnya dijabarkan dalam pasal-pasal UUD 1945 serta hukum positif lainnya

-) Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia
  Pancasila dijadikan ideologi dikarenakan, Pancasila memiliki nilai-nilai falsafah mendasar dan rasional. Pancasila telah teruji kokoh dan kuat sebagai dasar dalam mengatur kehidupan bernegara. Selain itu Pancasila juga merupakan wujud dari konsesus nasional karena negara bangsa Indonesia ini adalah sebuah desain negara moderen yang disepakati oleh para pendiri negara Republik Indonesia kemudian nilai kandungan Pancasila dilestarikan dari generasi ke generasi. Pancasila pertama kali dikumandangkan oleh Soekarno pada saat berlangsungya sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia (BPUPKI).
  Pada pidatonya, Soekarno menekankn pentingya sebuah dasar negara. Istilah dasar negara ini kemudian disamakan dengan fundamen, filsafat, pemikiran yang mendalam, serta perjuangan suatu bangsa senantiasa memiliki karakter sendiri yang berasal dari kepribadian bangsa. Sebagaimana diketahui bersama bahwa Pancasila secara formal yuridis terdapat dalam alinea IV pembukaan UUD 1945.
  Undang-Undang Dasar 1945 merupakan sumber hukum tertulis yang dijadikan pedoman untuk penyusunan peraturan dan perundang-undangan. Tata urutan peraturan perundangan Republik INdonesia menurut Tap MPR no III/MPR/2000 Pasal 2 adalah sebagai berikut.
-) UUD 1945                    -) PP
-) Ketetapan MPR RI       -) Kepres
-) UU                               -) Perda
-) Perpu
  Akan tetapi, setelah reformasi bergulir, peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2004 tentang peraturan Perundang-Undangan Pasal 7 ayat (1). Tata urutan Perundang-Undangan Republik Indonesia menurut undang-undang tersebut adalah sebagai berikut.
-) UUD 1945    -) Peraturan Presiden
-) UU/Perpu      -) Perda
-) PP
  Dengan demikian, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara berarti Pancasila merupakan suatu hasil pemikiran konsep, gagasan suatu teori atau ilmu yang diyakini kebenarannya, atau tersusun secara sistematis dan dicita-citakan yang digali dan diambil dari nilai-nilai luhur budaya masyarakat Indonesia.

-) Pancasila sebagai kepribadian bangsa
  Sebagai kepribadian bangsa berarti bahwa nilai-nilai Pancasila memberikan corak khas terhadap bangsa Indonesia, sehingga membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain.

-) Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia
-) Pancasila sebagai perjanjian luhur

Sekian artikel tentang Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN ) yang saya bahas, lanjutan arikel ini akan saya bahas di postingan selanjutnya. mudah-mudahan bermanfaat bagi siswa-siswi SMA/SMK kelas XII maupun bagi para pembaca setia jaliwir.blogspot.com
Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, saya harapkan teman-teman bergabung bersama kami untuk mendapatkan artikel-artikel terbaru seputar ilmu pendidikan, software, film anime, game dan masih banyak lain. Jangan sampai ketinggalan info terbaru kamu.

Sampai berjumpa lagi bersama saya @faobvb09 di postingan selanjutnya, mohon maaf jika ada kesalahan :D